4 Manfaat Sholat Sunnah Tarawih Untuk Kesehatan di Bulan Ramadan loh!

Dok. Istimewa

TERASPASUNDAN.COM – Terdapat banyak keutamaan sholat tarawih di bulan suci Ramadhan. Ibadah ini merupakan amalan khusus yang tidak ada di bulan-bulan lainnya sehingga amat sayang dilewatkan. Selain keutamaan tersebut ada beberapa manfaatnya., yaitu :

1. Meningkatkan Kebugaran Fisik
Terjadi peningkatan daya tahan, stamina, fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Salat menghasilkan perubahan fisiologis yang sama seperti ketika jogging atau berjalan, namun tanpa efek samping.

2. Meningkatkan Daya Tahan Lansia
Saat melakukan gerakan berulang dan teratur selama salat, maka kekuatan otot, tendon, fleksibilitas sendi dan respon kardiovaskular meningkat.

3. Membantu Mengontrol Berat Badan
Sholat tarawih dapat mengontrol berat badan dan mengeluarkan kalori tanpa meningkatkan nafsu makan.

4.Meningkatkan Suasana Hati
Peneliti dari Universitas Harvard, Dr Herbert Benson, menemukan bahwa melafalkan doa dengan ayat kitab suci ditambah aktifitas ringan akan memicu relaksasi yang dapat menurunkan tekanan darah, tingkat pernapasan dan denyut jantung.

Oleh karena itu, Tarawih membuat pikiran berada dalam keadaan rileks. Keadaan tenang pikiran ini juga mungkin dipico pelepasan hormon encephalins dan endorfin ke dalam sirkulasi darah. (Red.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel