Menteri Koperasi Dan UMKM RI Membuka Forum Diskusi Koperasi Sektor Pangan Se Jawa Barat di Subang

Subang – Teraspasundan.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menerima Kunjungan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia Drs. Teten Masduki dalam rangka membuka forum diskusi Koperasi Sektor Pangan Se Jawa Barat di Ruang Rapat Bupati II Pemda Subang, Jumat (17/9/2021)

Forum Diskusi Koperasi Sektor Pangan Se-provinsi Jawa Barat dengan tema “model bisnis koperasi sektor pangan” bertujuan untuk dapat menghasilkan model bisnis sektor pangan yang tepat untuk dikembangkan di Jawa Barat demi mendukung terwujudnya kesejahteraan bagi para petani.

Dalam sambutannya Kepala DKUPP Jawa Barat yang diwakili Kabid Pemberdayaan Koperasi Provinsi Jawa Barat Iya Sugia mengatakan bahwa tujuan forum diskusi tersebut diadakan salah satunya untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan masyarakat. Sebagai provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbesar di Indonesia, Jawa Barat memiliki sekitar 27.897 koperasi yang bergerak diberbagai sektor dan sekitar 70% diantaranya bergerak disektor pangan.

Hal ini menurutnya mencerminkan bahwa pangan adalah kebutuhan dasar manusia sehingga sektor pangan menjadi hal yang penting untuk dikembangkan. Adapun Provinsi Jawa Barat telah memiliki berbagai komoditi Pangan lokal yang telah banyak dikembangkan diantaranya beras ketan, singkong, ubi jalar, talas, ganyong dan lainnya. “Mengingat pentingnya pangan bagi pembangunan yang salah satunya adalah peningkatan gizi masyarakat, berbagai potensi harus dikembangakan” ujarnya.

Dalam arahannya Menteri Koperasi dan UMKM RI Drs. Teten Masduki mengatakan bahwa dirinya telah mendapatkan arahan presiden untuk memperkuat sektor produksi salah satunya sektor pangan diantaranya pertanian perikanan perkebunan. Ia menganggap bahwa sektor pangan merupakan hal yang sangat krusial dan memiliki potensi besar serta berorientasi ekspor.

Menurutnya Indonesia terutama di Jawa Barat memiliki potensi produksi pangan yang sangat besar baik pertanian, perkebunan dan perikanan. (diskominfo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel