Shelter Posko Isoman Al-Barkah Berbasis Komunitas Resmi Diluncurkan

istimewa

Karawang, Teraspasundan.com – Shelter Posko Isoman Al-Barkah didirikan berbasis komunitas dan atas inisiatif masyarakat untuk memberikan kontribusi dan membantu pemerintah daerah dan masyarakat bagi warga terdampak Covid-19.

Shelter posko isolasi mandiri Al-Barkah adalah  lokasi isolasi mandiri terpusat yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan yang  tidak dapat melakukan isolasi  mandiri di rumah atau tempat  tinggal masing-masing karena  berbagai alasan.

Shelter posko isoman Al-Barkah berlokasi di Dusun Kaum Jaya Desa Puseurjaya Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Adanya shelter isolasi mandiri yang berisi tempat kamar/ruangan ini adalah merupakan keihkhlasan dari pemilik sehleter dari salah satu warga, untuk digunakan sebagai ruangan isolasi mandiri.

Pengurus Shelter Posko Isoman terdiri dari berbagai unsur warga masyarakat, aparatur pemerintahan, ketua RT, Ketua RW, Kepala Dusun dan tenaga kesehatan yang berasal dari  warga  lingkungan sekitarnya, sehingga kegiatan ini adalah usaha gotong royong warga untuk membantu disertai keikhlasan tanpa mendapat upah, insentif atau apapun bentuknya.

Shelter Al-Barkah memiliki 18 kamar/ruangan untuk ruangan isolasi mandiri terpusat dan mampu menyediakan sampai 38 kamar/ruangan bisa disediakan.

Syarat menempati Shelter posko isoman Al-Barkah ini juga sangat mudah dan shelter ini dapat digunakan oleh masyarakat luas, cukup dengan melaporkan kepada ketua RT dan bukti hasil test Covid-19. Pasien/warga yang melakukan isolasi mandiri di shelter ini akan diberikan pelayanan, pengecekan kesehatan dan pendampingan dari tenaga kesehatan dan petugas shelter yang mendapat jadwal piket dari pengurus shelter.

Sampai saat ini sudah ada 10 warga masyarakat yang sudah menggunakan ruangan untuk isolasi mandiri di shelter Al-Barkah. Pilihan shelter posko isolasi mandiri ini karena kalau warga melakukan isolasi di rumah akan rentan terhadap penularan karena rumah tidak memiliki ruangan yang tidak terpisah, tidak memiliki kamar mandi terpisah dan tanpa pendampingan tenaga kesehatan.

Shelter ruangan/kamar yang disediakan juga memenuhi syarat klinis karena memiliki ruangan yang bersih, nyaman, kamar tidur, kamar mandi terpisah, tempat cuci tangan, air bersih, pencahayaan, ventilasi dan halaman untuk berjemur. Shelter posko isolasi mandiri Al-Barkah ini juga bermafaat agar warga terhindar dari stigma dan diskriminasi dan penolakan dari warga sekitarnya.

Kegiatan yang dilakukan pengurus shelter secara terpadu diantaranya edukasi mitigasi masyarakat, pelayanan, pembagian masker, pendataan vaksinasi, penyaluran pemberian bantuan sosial terdampak, penyemprotan disinfektan, evakuasi pasien, pendampingan dan konseling.

“Dengan swadaya bahu membahu masyarakat, pengurus shelter awalnya mencari bantuan untuk pengadaan masker, APD, oksigen, hand sanitezer, disinfektan dari pemerintah, perusahaan dan swadaya masyarakat,”
Kata Puji Isyanto, Pembina Shelter Al-Barkah, Sabtu (28/8/2021).

“Alhamdulillah pada hari ini 26 Agustus 2021, jerih payah dan usaha pengurus Shelter Posko Isoman Al-Barkah mendapatkan apresiasi dari CISDI (Center for Indonesia Strategic Development Initiatives), PUSPA (Pusat Pengembangan Puskesmas Terpadu), Puskesmas Telukjambe dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang dengan diresmikannya Peluncuran Shelter Al-Barkah dan bisa dijadikan model percontohan komunitas,” ungkapnya lagi.

Acara peluncuran Shelter Al-barkah dihadiri oleh pihak CISDI (Bapak Egi Abdul Wahid selaku Direktur Program), dr. H. Nugraha, MARS. selaku Kepala Puskesmas Telukjambe dan H. Rusli, Mkes. (Kabid Sosial Dinkes Kabupaten Karawang).

Acara peresmian dilakukan melalui virtual dengan expose kegiatan shelter isoman Al-Barkah oleh Pembina Shelter Bpk. Puji Isyanto dan diakhiri dengan pengguntingan pita secara virtual oleh Perwakilan Kepala Dinas Kabupaten Karawang.

Dalam peluncuran ini juga sekaligus diberikan bantuan dari CISDI kepada Shelter Posko Isoman Al-Barkah melaluu Kepala Puskesmas Telukjambe berupa dukungan oksigen dan vitamin, alat kesehatan dan APD selama 1 bulan, dan logistik operasional.

Bantuan ini akan digunakan untuk meningkatkan kenyamanan ruangan/kamar dan meningkatkan kesehatan warga. Shelter Posko Isoman Al-Barkah ini akan terus menerus dilakukan kegiatannya bahkan ditingkatkan untuk membantu masyarakat dan pemerintah pada masa pandemi ini. Karena Shelter Posko Isoman Al-barkah ini sudah memberikan bukti nyata kepada masyarakat. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel