Meski Pandemi, Unsika Anggarkan Kegiatan Ormawa Hingga Miliaran Rupiah

Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)

Karawang, Teraspasundan.com – Staf Ahli Bidang Keuangan Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), Rino Dwi Putra mengungkapkan di tahun 2021 ini, Rektorat UNSIKA telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 100 ribu /mahasiswa untuk kegiatan Organisasi Kemahasiswaan ( Ormawa).

Jumlah ini, kata Reno, empat kali lipat banyaknya dibanding tahun kemarin yang hanya sebesar Rp. 25000 / mahasiswa.

“Di tahun 2021 ini, rektorat mengalokasikan anggaran Ormawa sebesar empat kali lipat banyaknya. Dari yang awalnya tahun kemarin satu mahasiswa hanya sebesar Rp. 25000, Justru sekarang kita tingkatkan dengan sangat luar biasa untuk /mahasiswa,” ungkapnya, Selasa (3/8/2021).

Mekanismenya, jelas Reno,  pihaknya membuatkan semacam aturan bagi mahasiswa bagaimana pengajuan atau pengambilan dana tersebut , dengan melibatkan mahasiswa itu sendiri dalam pembuatan SOP-nya.

“Mahasiswa boleh mengajukan apa saja kegiatannya baik yang terencana ataupun dadakan tetapi dengan mekanisme yang harus sesuai SOP yang dibuat oleh mahasiswa itu sendiri dan sesuai dengan pagu angaran yang mereka miliki,” ujar Reno memaparkan.

“Dananya sudah ada dan sudah kita anggarakan didalam Rencana kerja dan anggaran UNSIKA 2021 ini, dan akan kita anggarakan setiap tahun,” ungkapnya lagi.

Ia pun menegaskan bahwa tidak ada penundaan atau penahanan anggaran ormawa yang ada justru penambahan.

“Dan sudah ada beberapa ormawa yang mengajukan seperti Fakultas Ekonomi ( FE), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan sudah ada beberapa lainnya. Mereke menentukan pagu anggran sendri secara demokratis dan tidak ada intervensi dari kita,” ucapnya menerangkan.

“Kita sudah lakukan sosialisasi kepada mahasiswa dan semua civitas kaitan penambahan anggaran ini dan mekanisme penggunaanya, sudah kita lakukan. Sampai ke teknis membuat proposal kita bimbing,” ulas Reno.
Oleh karenanya, ia sangat menyayangkan sekali jika masih ada mahasiswa yang mengatakan tidak tahu anggaran ormawa ditambah dan bagaimana mekanisme perealisasiannya. Karena pihaknya sudah berulang kali mensosialisasikannya .

Reno mengatakan Rektor UNSIKA mendukung organisasi kemahasiswaan sepenuhnya. Hal itu agar mahasiswa bisa memberikan konstribusi yang positif dengan mengadakan kegiatan- kegiatan yang menunjang baik itu minat berbakat, prestasi akademik ,kegiatan -kegiatan kreatifitas, dan itu harus didukung universitas secara umum.

“Jadi sangat disayangkan sekali jika mereka tidak tahu, karena kita selalu mensosialisasikan kepada pengurus ormawa yang aktif yang memang terhubung dengan Wakil Rektor kemahasiswaan. Bahkan kita ada group WA sebagai media bersosialisasi,” terangnya.

” kita optimis supaya mahasiswa dalam 4 bulan ini dapat menyerap anggaran ormawa ini, karena presentasenya masih dibawah 30 persen. Sekarang masih ada waktu 4 bulan lagi untuk merealisasikannya,” tutup Reno. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel