Siswa SMKN I Tirtamulya Gelar P5 Kebekerjaan dan Kebhinekaan

KARAWANG | TERASPASUNDAN.COM | Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) Tirtamulya melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kebekerjaan dan kebhinekaan sekaligus kegiatan Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW), pada hari Jumat (21/6).

Pembina kesiswaan SMKN 1 Tirtamulya Maryana mengatakan, dalam kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa kelas X dan XI dengan menampilkan baju adat, tarian adat daerah serta makanan khas daerah yang sudah dipilih oleh masing masing kelas sehingga hari ini dapat ditampilkan dan dibazzarkan didepan seluruh siswa. “Kegiatan ini terlihat meriah karena diisi dengan berbagai acara yang menarik,” Ucapnya.

Menurutnya, P5 bertujuan untuk menciptakan siswa yang mampu menerapkan profil pelajar pancasila yang cinta tanah air dengan implementasi praktiknya adalah memakai pakaian adat dari beberapa daerah sehingga menjadi pengetahuan baru bagi seluruh siswa untuk mengenal ragam budaya di Indonesia. “Untuk menumbuhkan kecintaan dan melestarikan terhadap budaya lokal indonesia,” ungkapnya.

Kemudian ia menambahkan, kegiatan SPW bertujuan melatih siswa belajar mengenai wirausaha mulai dari memanajemen waktu, persiapan bahan baku, dan penjualan. “Dengan demikian maka dapat menumbuhkan jiwa usaha kepada siswa,” tututnya.

Ia mengaku, “pada kegiatan ini diisi oleh beberapa stand siswa per kelas. Diantaranya, Kelas X menunjukan makanan khas daerah di Indonesia, kelas XI membuka bazzar dengan menjual makanan dan minuman, mulai dari Cilok goang, wonton, piscok, donat, capcin, lemon tea, es jeruk dan lain lain. “Yang dibuat langsung oleh siswa dengan bahan baku sederhana mudah didapat yang nantinya bisa dipasarkan saat bazzar ini,” pungkasnya. (RED)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel