Bikin Penyebrang Tercebur, Ini Penyebab Ambruknya Jembatan Jembalas di Bandung Barat

BANDUNG BARAT – TERASPASUNDAN.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memaparkan penyebab utama ambruknya jembatan apung di Batujajar-Cihampelas alias Jembalas.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada DPUTR Bandung Barat Aan Sopian mengungkapkan, penyebab utama ambruknya jembatan apung yang berada di perairan Waduk Saguling itu dikarenakan adanya ada pergeseran pada konstruksi yang mengakibatkan kayu penyangga jembatan patah.

“Penyebab utama insiden tersebut adalah jembatan dibangun pada saat debit air kecil. (Kemudian saat) Kondisi pada saat kejadian debit air naik cukup besar, sehingga ada pergeseran pada konstruksi yang mengakibatkan kayu penyangga jembatan patah,” ungkap Aan saat dihubungi awak media pada Rabu (5/1/2022).

Seperti diketahui, jabatan apung yang menghubungkan dua kecamatan di Bandung Barat tersebut ambruk pada Minggu (2/1/2022).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, meskipun sempat ada sepeda motor yang terperosok.

Aan mengatakan, sesuai tugas pokok dan fungsi, pihaknya langsung melakukan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan imbas dari peristiwa ambruknya jembatan tersebut.

“Kemudian kita juga melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait,” ucap Aan.

Sebelumnya, pengelola Jembalas Cecep Sumanta mengungkapkan, jembatan tersebut ambruk setelah drum yang menjadi penyangganya terbalik akibat angin kencang, sehingga menyebabkan sebagian jembatan patah.

“Itu yang patah kebetulan hanya bagian pinggir saja dengan panjang sekitar 4 meter, ruas yang lainnya masih aman,” ungkap Cecep. (red.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel