Lapas Kelas II A Karawang Resmikan Ponpes Nurul Iman

Karawang, Onediginews.com – Bertepatan dengan Hari Santri Nasional (HSN) tanggal 22 Oktober 2021, Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas IIA Karawang meresmikan Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman.

Kegiatan diresmikan langsung oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dan Wakil Bupati, H. Aep Syaepuloh. Yang dihadiri juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Imam Sayudi didampingi Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kabupaten Karawang, Lenggono Budi.

Ditemui dilingkungan Lapas, Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Lenggono Budi mengatakan  Pondok Pesantren Nurul Iman Lapas Kelas II Karawang diresmikan bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

“Alhamdulillah kita lihat sama-sama telah diresmikan Ponpes Nurul Iman untuk warga binaan Lapas Karawang ini. Dan kita apresiasi, banyak ucapkan terima kasih kepada bupati wakil bupati juga kepala kankanwil jabar mereka bisa hadir itu antesinya luar biasa,” kata Lenggono dalam sambutannya.

Dia pun berharap ponpes ini kedepan dapat berkembang dengan baik. Sehingga para warga binaan mendapatkan pembinaan kepribadian secara optimal.

Dijelaskan Lenggono, Tujuan didirikan Ponpes Nurul Iman ini terkait dengan pembinaan kepribadian, mulai dari meningkatkan keimanan, ketakwaan secara agama.

“Mudah-mudahan tujuan ini bisa berjalan baik, ini tidak bisa berjalan sendiri harus bekerjasama dengan stakeholder setempat dan pemda setempat,” ujarnya.

Dijelaskan Lenggono lebih lanjut, saat ini telah ada 99 warga binaan yang menjadi santri Ponpes Nurul Iman Lapas Karawang. Dan, Ponpes ini memiliki fasilitas bangunan gedung seperti aula, masjid, maupun asrama santri.

Adapun kegiatannya, Lenggono menambahkan,  seperti layaknya pondok pesantren lainnya, mulai dari pembinaan keagamaan, pemberian materi fiqih, aqidah dan ahlak.

“Para pengajarnya ini dari Kemenag Karawang, MUI Karawang dan guru-guru atau ustaz dari Ponpes yang ada di Karawang,” jelasnya.

Dia berharap agar Ponpes Nurul Iman Lapas Karawang ini dapat didukung oleh semua stakeholder maupun Pemda Karawang agar berjalan dengan baik.

“Cuma memang kendala sendiri untuk anggaran operasional tidak disiapkan di dipa internal kita. Tapi tadi ibu bupati Cellica menyanggupi akan dianggarkan tahun 2022. Tadi juga secara spontanitas akan didrop karpet dan kebutuhan lainnya. Semoga atas semua dukungan ini dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karawang Cellica Nurrachdiana menyambut positif pendirian Ponpes Nurul Iman Lapas Kelas IIA Karawang.

Dikatakan Bupati, Kehadiran Ponpes ini diharapkan dapat meningkatan keimanan dan ketakwaan secara agama bagi warga binaan Lapas Kelas II A ini.

“Diharapkan santri warga binaan ini bisa punya ilmu lebih baik , tauhid, fiqih ahlak, aqidah dan ketika mereka keluar ini lebih percaya diri untuk menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya. Aku pikir ini program yag sangat baik ya, Pemkab Karawang siap dukung,” tandasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel