MTs Darul Hikmah Sumedang, Melaksanakan Kegiatan ANBK Secara Mandiri Dan Menerpakan Prokes Secara Ketat

Sumedang, www.teraspasundan.com – Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Sukwangi Kabupaten Sumedang pada hari ini melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dengan jumlah peserta yang mengikuti kegitan tersebut sebanyak 45 Orang Siswa, dan di bagi beberapa sesi. bertempat di MTs Darul Hikmah. Rabu, (06/10).

“Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

AsesmenNasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.
” dikutip dari https://anbk.kemdikbud.go.id/#tentang.

Kepala Sekolah Mandrasah MTs. Darul Hikmah Sukawangi – Tanjungkerta, Sumedang (H. Budi Arista Hidayat, S.Pd.I. M.Si.) mengatakan bahwa pihaknya pada hari ini melaksanan kegiatan ANBK untuk kelas VIII. Menurutnya secara serentak senasional melaksanakan kegiatan tersebut, dan ini merupakan gelombang yang kedua.

” karena kebetulan MTS Darul Hikmah ini mereka mengikuti gelombang kedua dan ini merupakan hari yang pertama. kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, satu gelombang dua hari. dan untuk yang sekaran ini adalah gelombang yang kedua ” ucapnya.

Menurutnya, untuk pesertanya kebetulan di random jumlah kelas VIII ada 260 siswa, kebetulan kita hanya 45 orang yang menjadi peserta, dan di bagi 3 sesi yang mana disetiap sesinya terdiri dari 15 siswa. pihaknya tidak bisa untuk memilih siswa dikarenakan ini semua telah di tentukan dan di random oleh pemerintah.

“Kebetulan untuk jenjang SMP dan MTs secara serentak nasional dilakukan secara serentak bersama-sama untuk tingkatan SLTA, SMK dan Aliyah bulan kemarin, dan ini adalah bentuk tingkatan SMP dan MTs dan bulan depan adalah tingkatan SD dan MI, ” tuturnya.

Menurutnya, adapun kelanjutan dari ANBK ini mungkin ini salah satu bentuk evaluasi, evaluasi dari pihak kelembagaan bukan hanya sekedar kepala Guru, bukan hanya lingkungan tetapi secara keseluruhan lembaga karena ini salah satu tujuanya juga untuk bahan evaluasi dalam segi pembelajaran.

“Untuk ANBK ini ada berbagai bentuk pertanyaan dan ada berbentuk kuisioner, jadi bukan salah satu standar kelulusan siswa tetapi ini adalah yang menentukan nilai baik atau tidak baiknya lembaga yaitu mungkin salah satunya adalah dengan dilaksanakanya ANBK ,” ucapnya.

ia menambahkan, pihaknya merasa beryukur dikarenakan dapat melaksanakan ANBK secara mandiri, mengingat tidak semua lembaga dapat melaksanakan ANBK secara mandiri.

“Alhamdulillah kami dari MTs Darul Hikmah dapat melaksanakan ANBK secara mandiri, dan bisa berjalan dengan tertib sesuai dengan arahan dari pemerintah baik dari protokol kesehatanya maupun dar syarat administrasinya, ” pungkasnya.

Selain itu di waktu yang sama Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan (Ade Rohana, S.Pd., M.Si.) mengatakan bahwa sekarang MTs Darul Hikmah sedang melaksanakan kegiatan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yaitu adalah sebagai sarana untuk mengevaluasi sekolah diantaranya Madrasah, baik dari mulai kepala, guru dan siswa.

“dari segi kesiswaan mengucapkan terimaksih kepada pemerintah yang telah menyediakan waktu dan mungkin kegiatan ini untuk membantu siswa agar bisa terbuka, bisa menyampaikan aspirasinya melalui kegiatan ini, ” pungkasnya.

Menurutnya, bahwa kegiatan ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi oleh pemerintah untuk memperbaiki kualitas pendidikan khusunya di Madrasah.

Ia menambahkan, karena ini sebenarnya lebih cenderung kepada evaluasi diri Madrasah sehingga mungkin pemerintah bisa Menindak lanjuti. sehingga pendidikan di Madrasah khususnya lebih meningkat setelah kegiatan ANBK ini.

(Rizky Prasetyo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel