KKN Mahasiswa UBP Karawang di Desa Sukaraja Resmi Berakhir

Karawang, Teraspasundan.com – Pandemi Covid-19 tidak menjadi hambatan bagi Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang menugaskan 1.553 Mahasiswa/i untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2021 yang menyasar 90 Desa di wilayah kabupaten Karawang.
kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan Karawang Tahun 2021 dengan tema “Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Masa New Normal” telah resmi berakhir pada hari Sabtu tanggal 31 juli 2021.

Dengan dijadikannya Desa Sukaraja-Kecamatan Rawamerta sebagai salah satu dari 90 Desa yang dijadikan sebagai tempat KKN bagi Mahasiswa/i UBP Karawang, telah terbukti membawa dampak positif bagi Desa dan pelaku Usaha UMKM yang ada di Desa Sukaraja-Kecamatan Rawamerta.

Pada saat serah terima Piagam Penghargaan yang sekaligus penutupan kegiatan KKN, H. Acep Sukmana (Kades) Sukaraja mengucapkan terimakasih karena Desa yang di pimpinnya telah dijadikan tempat KKN bagi Mahasiswa/i UBP karawang, karena dengan hadirnya Mahasiswa/i telah membawa dampak positif bagi Desa Sukaraja dan Masyarakat khususnya para pelaku Usaha UMKM.

“Saya ucapkan terimakasih atas terpilihnya Desa Sukaraja sebagai tempat KKN bagi adik-adik Mahasiswa/i UBP Karawang. semoga dengan selesainya program KKN ini, Desa Sukaraja dapat meninggalkan kesan yang baik di hati adik-adik Mahasiswa yang saya sayangi. Pesan saya untuk adik-adik Mahasiswa/i Tetap semangat dan sukses selalu”. tutur H. Acep Sukmana selaku Kepala Desa Sukaraja-Kecamatan Rawamerta

Selama 1 (satu) Bulan Mahasiswa telah membantu Desa dengan melengkapi Profile Desa dan Kelurahan (Prodeskel) Desa Sukaraja Tahun 2021, selain itu Mahasiswa juga telah melakukan pembinaan dengan sangat baik kepada pelaku usaha UMKM Budidaya Ikan lele yang ada di wilayah Desa Sukaraja. Diantaranya;
1. membantu proses perizinan bagi pelaku usaha UMKM Budidaya Ikan Lele
2. melakukan penyuluhan terkait Budidaya Ikam lele kepada pelaku usaha dan kepada masyarakat dengan meng hadirkan narasumber dari Dinas Perikanan Dan Kelautan Kabupaten Karawang yaitu Bapak H. Supriadi yang sangat berkompeten di bidangnya. Dan
3. mahasiswa KKN juga membantu membuatkan proposal kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang sebagai sarana pemberdayaan bagi para pelaku usaha Budidaya Ikan lele Desa Sukaraja.

“Alhamdulillah dengan adanya Mahasiswa/i KKN dari UBP Karawang telah banyak membantu untuk menyelesaikan permasalahan dan membawa solusi bagi pelaku usaha Budidaya Ikan lele yg ada di Desa Sukaraja-Kecamatan Rawamerta. Semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk kemajuan perekonomian kami. Dan Kami juga berharap di tahun-tahun yang akan datang Desa kami kembali menjadi tempat KKN mahasiswa/i UBP Karawang”. tutur Umay Purnamasari, selaku pemilik Usaha UMKM Budidaya ikan lele

“Saya sangat berterimakasih kepada H. Acep Sukmana (Kepala Desa) beserta jajaran yang sudah menerima kami dengan tangan terbuka. Kami juga sangat berterimakasih kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yg selalu memberi arahan kepada kami agar dapat membina pelaku Usaha UMKM dengan baik dan memberi manfaat jangka panjang bagi pelaku Usaha UMKM Budidaya ikan lele yang ada di Desa Sukaraja”. tutur Dodi Suryadi selaku Koordinator Desa. (Rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel