Cegah Konflik Antar Petani Rebutan Air Akibat Kekeringan, Kapolsek Binong Sambangi Pesawahan

SUBANG | TERASPASUNDAN.COM | Kekeringan lahan pertanian menjadi salah satu atensi jajaran Polres Subang. Salah satunya, Kapolsek Binong dan anggota turun melakukan pengecekan kekeringan lahan persawahan.

Pengecekan tersebut dilakukan di area persawahan Desa Rancaudik Kecamatan Tambakdahan pada Selasa (3/9/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolsek Binong Iptu Asep Musa Dinata mengatakan bahwa pengecekan dilakukan sebagai pendampingan para petani untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah tersebut.

“Pengecekan dilakukan terkait informasi adanya kekeringan di area persawahan yang terletak di Desa Rancaudik,” ungkap Iptu Asep.

Setelah berkomunikasi dengan para petani, didapatkan data bahwa musim kemarau yang mengakibatkan kekeringan dapat disebabkan karena suatu wilayah tidak mengalami hujan atau kemarau berkepanjangan. Sehingga kandungan air di dalam tanah berkurang signifikan.

“Informasi yang kami dapat dari Dinas Pertanian dan petani, bahwa kekeringan atau tanaman tidak tumbuh subur disebabkan beberapa faktor,” lanjut Kapolsek Binong.

Faktor itu antara lain, sejak awal tanaman sudah tidak baik atau kerdil sehingga petani membutuhkan air dengan biaya garap tinggi.

Selain melakukan pengecekan untuk menjaga kondusifitas kamtibmas, kedatangan Kapolsek Binong dan anggotanya juga sebagai ajang silaturahmi antar Polri dan masyarakat.

Iptu Asep menjelaskan bahwa pihaknya akan meminta para Bhabinkamtibmas untuk mendampingi para petani di sawah agar situasi dan kondisi tetap kondusif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel