RSUD Jatisari Telah Dilengkapi Layanan Fisioterapi

KARAWANG | TERASPASUNDAN.COM | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jatisari Kabupaten Karawang menyediakan layanan kesehatan fisioterapi bagi masyarakat umum.

Koordinator Rehabilitasi Medik, Liza Dwi Januaryana menyebutkan, rehabilitasi medik harusnya memiliki beberapa unit seperti Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik, fisioterapi, okupasi terapi, terapi wicara dan psikologi.

Bacaan Lainnya

Untuk RSUD Jatisari Karawang sendiri, lanjut dia, saat ini telah menyediakan layanan kesehatan fisioterapi rawat jalan dan rawat inap.

“Fisioterapi itu adalah layanan kesehatan untuk gerak dan fungsi tubuh, pasiennya bisa dari mulai bayi hingga lansia. Bahkan ibu hamil pun bisa diterapi,” ujarnya saat diwawancarai pada Rabu, 24 Juli 2024.

Khusus pelayanan fisioterapi ini, pihaknya menyediakan alat-alat (modalitas) seperti elektroterapi, infrared, microwave diatermy.

Kemudian, untuk cardiopulmonary ada sepeda statis, treadmill, hingga ada nebulizer serta alat-alat latihan lainnya.

“Range biaya ini tergantung, di RSUD Jatisari ini kisaran 100-250 ribu tergantung modalitas apa aja. BPJS bisa ditangani juga disini, nanti pasien dapet rujukan dari faskes 1 untuk ke poli rehab, dari poli rehab baru ke fisioterapi,” terangnya.

Hingga saat ini, kata dia, jumlah pengunjung yang mengakses layanan fisioterapi sudah mencapai 300 orang dalam perbulannya.

Bahkan, pasien tersebut tidak hanya berasal dari Karawang. Tetapi ada juga pasien dari Purwakarta dan Subang.

“Pasien perbulan rata-rata 300 sebulannya, untuk rata-rata harian di kisaran 10-25 orang,” ungkapnya.

“Pasien anak apabila ada tumbuh kembang yang terganggu, maka ada fisioterapi tumbuh kembang. Remaja jika memang ada gangguan digerak dan fungsinya kita tangani, begitupun dewasa dan lansia, kita tangani tergantung keluhan,” tutupnya.(/rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel