Bentuk Karakter Anak Gemilang Sejak Dini, MPLS di SDN Pamanukan 1 Kedepankan Edukatif dan Kreatifitas

SUBANG | TERASPASUNDAN.COM | Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 di SDN Pamanukan I merupakan kegiatan pertama bagi peserta didik baru.

MPLS bertujuan untuk mengenalkan program, tata kelola, sarana dan prasarana sekolah. Cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal kultur sekolah.

Bacaan Lainnya

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi Siswa Baru. Kegiatan MPLS harus bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak, dan nyaman bagi peserta didik. SDN Pamanukan I Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang mengadakan kegiatan MPLS selama 10 hari dimulai pada Selasa, (16/7/2024).

Acara tersebut di buka oleh Kepala SDN Pamanukan I Uung Mashuri, di mulai dengan sambutan Kepala Sekolah serta ditandai dengan pemukulan drum bass oleh Kepala Sekolah dan seluruh guru. Kemudian di lanjutkan yel-yel Gemilang, perkenalan guru kelas dan pemberian santunan yatim karena bertepatan dengan 10 Muharram.

Selain menyampaikan ucapan Selamat bergabung dengan Keluarga Gemilang (Generasi Millenial Cemerlang) kepada peserta didik dan orangtuanya , dalam sambutannya, Kepala SDN Pamanukan I, menyampaikan tujuan dari MPLS ialah untuk mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, termasuk aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

“Serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru dan mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dan warga sekolah lainnya serta menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat, untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong,” papar Uung.

Disamping itu, Kepala Sekolah juga memberikan pemahaman kepada para siswa Kelas 2 sampai dengan kelas 6 untuk mengasihi dan menyayangi adik-adiknya yaitu siswa baru kelas 1.

“Begitupun sebaliknya, siswa kelas 1 harus menghormati dan menghargai Kakak kelasnya. Hal ini bertujuan untuk tidak adanya bullying di sekolah,” ujar Kepala SDN Pamanukan I.

Kepala Sekolah menambahkan, bahwa kegiatan belajar mengajar nantinya akan di lakukan dengan pendekatan yang edukatif, kreatif, dan menyenangkan.karena sesuai motto Gemilang bahwa Belajar di SDN Pamanukan I menerapkan pola yang asik dan menyenangkan untuk raih prestasi dan mengedepankan akhlak mulia.

Acara di tutup dengan penyematan topi sekolah dan name tag kepada perwakilan siswa baru. Sebagai tanda bahwa siswa kelas 1 siap bergabung di SDN Pamanukan I. Kegiatan MPLS ini juga di hadiri oleh orang tua, menambah kehangatan dan semangat dalam menyambut tahun ajaran baru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel