Panwascam Dawuan Turunkan Ribuan APK Pemilu 2024

SUBANG | TERASPASUNDAN.COM | Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) pada masa tenang Pemilu 2024.

Penertiban APK dan berbagai atribut kampanye secara serentak dilakukan di Kabupaten Subang ini, dimulai pada Minggu (11/2/2024) pukul 00.01 WIB sampai tanggal 13 Pebruari 2024, hal tersebut tentunya yang menandakan masuknya masa tenang Pemilu 2024.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, penertiban APK tersebut dipimpin langsung, Ketua Panwaslu Kecamatan Dawuan, Yayat Ruhiyat, dan didampingi Kasi Trantib Kecamatan Dawuan Cecep Risnandar, TNI, Polri, para PKD, perwakilan PPK dan juga perwakilan para caleg dan juga partai di wilayah Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Dawuan, Yayat Ruhiyat mengatakan bahwa, karena mulai 11 Februari 2024 ini sudah memasuki masa tenang Pemilu, maka sudah waktunya parpai politik menurunkan atribut partai politik terpasang atau yang diletakkan di pinggir jalan untuk dibersihkan.

“Sebelumnya dalam penertiban APK ini, kami juga menyampaikan himbauan baik melalui tulisan maupun lisan kepada pimpinan Parpol agar penertiban APK dan berbagai atribut lainnya untuk menurunkan secara mandiri,” ujarnya.

Sementara itu, Yayat juga menambahkan bahwa, jika Parpol peserta pemilu tidak dapat membersihkan APK dan berbagai atribut kampanye, maka pihaknya bersama jajarannya di tingkat Kecamatan Dawuan akan berkoordinasi stakeholder terkait.

“Alhamdulillah tiga hari masa tenang ini, kami bersama-sama menertibkan ribuan apk di wilayah Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang,” ungkap Yayat.

Hal ini di lakukan menurut Yayat, berdasarkan pasal 1 angka 36 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, masa tenang adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu. Sehingga sesuai ketentuan, masa tenang dilaksanakan tepat sehari setelah berakhirnya masa kampanye hingga sehari sebelum pemungutan suara.

“Alhamdulillah pelaksanaan pembersihan atribut untuk hari pertama dan dihari ke tiga ini, di Kecamatan Dawuan berlangsung aman tanpa ada rintangan,” jelasnya. (gpn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel