MKKS SMP Lampung Selatan, Gelar Workshop Assemen Pembelajaran Penulisan Soal Berbasis AKM

TERASPASUNDAN.COM | LAMPUNG SELATAN – Dalam upaya meningkatkan kompetensi guru dalam penulisan soal STS-PTS berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Lampung Selatan gelar Workshop Assesmen Pembelajaran dengan tema “Penulisan Soal STS-PTS Berbasis AKM”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rajabasa Setdakab Lampung Selatan pada Sabtu ( 03/02/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh Forum MGMP dan MGBK se Kabupaten Lampung Selatan dengan 70 peserta.

Hasil pantauan tim iwoi Lampung Selatan, dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Asep Jamhur, S.E.,M.M., yang sekaligus membuka acara Workshop tersebut. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Workshop penyusunan soal berbasis AKM sebagai upaya menyamakan pemahaman dan merealisasikan program pemerintah terkait dengan perubahan arah asesmen dalam evaluasi belajar peserta didik dan upaya pemerintah untuk memetakkan mutu Pendidikan pada seluruh sekolah.

Plt. Kadisdik Lampung Selatan, Asep Jamhur, SE.,MM saat membuka dan Sambutan dalam Kegiatan Workshop Assesmen Pembelajaran

“Bahwa AKM merupakan salah satu instrument yang digunakan dalam Asesmen Nasional (AN) yaitu asesmen yang dilakukan untuk Pemetaan Mutu Pendidikan di seluruh sekolah, yang didalamnya terdapat instrument survey karakter dan survey lingkungan. Dua kompetensi mendasar yang diukur dalam AKM adalah literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi siswa secara mendalam, tidak hanya sekedar penguasaan konten,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Ketua MKKS SMP Asnawi Mangku Sastra, S.Pd menjelaskan, dilaksanakannya kegiatan workshop tujuannya adalah agar guru dapat memahami penulisan dan penyusunan soal yang sesuai dengan kaedah penulisan soal asesmen pembelajaran yang tepat.

“Kegiatan ini bertujuan, agar guru dapat memahami penulisan dan penyusunan soal STS dan PTS yang sesuai dengan kaedah assesmen pembelajaran yang tepat sesuai dengan AKM,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Workshop Assesmen Pembelajaran, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Cahyadi, Kepala Bidang GTK Andwika, S.STP, Kasi Kurikulum SMP dan Kordinator Pengawas. (tim iwoi / HPW)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel