Panwascam Pamanukan Ajak Milenial Awasi Pemilu 2024

SUBANG | TERASPASUNDAN.COM | Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pamanukan gelar press release pengawasan masa kampanye pemilu 2024 di Sekretariat Panwascam Pamanukan. Selasa, (23/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Ketua Panwascam Pamanukan Hamdan Fuadi Rofie didampingi Koordiv P3S Toto Suharto dan Koordiv HP2HM Nana Carnadinata mengajak kaum milenial turut partisipasi awasi pemilu 2024 terlebih pada saat ini yang merupakan masa kampanye.

Bacaan Lainnya

“Pemuda memiliki peran penting dalam pengawasan Pemilu, dan Mahasiswa yang hadir di sini adalah salah satu mitra Bawaslu sebagai penggerak Gen-Z dan milenial untuk aktif mengawasi pemilu,” kata Hamdan.

Hamdan menekankan bahwa dalam mencapai Pemilu yang adil dan demokratis, maka pemuda harus mempunyai kepribadian, kemampuan, serta kesanggupan untuk ikut terlibat dalam mengambil peran dalam mengawal Pemilu 2024.

Ketua Panwascam Pamanukan mengatakan, dengan jumlah anggota Panwascam terbatas maka dibutuhkan peran seluruh unsur masyarakat dalam pengawasan Pemilu salah satunya dari kaum milenial.

“Kita tidak mau ada kecurangan oleh penyelenggara maupun oleh peserta pemilu oleh sebab itu masyarakat bisa juga mengawasi penyelenggara pemilu,” ujarnya.

Hamdan juga menjelaskan, kalau pemuda menemukan pelanggaran, silahkan laporkan ke Pengawas Kelurahan Desa (PKD), Panwascam hingga Bawaslu melalui laporan tertulis dan lampirkan identitas pelapor.

“Untuk laporan dari masyarakat, diprosesnya juga butuh waktu dan jika terbukti ada sanksi terhadap caleg dengan memberikan rekomendasi ke KPU. Untuk tindak pidana Pemilu ada Gakkumdu yang berisikan polisi dan kejaksaan dan Bawaslu untuk penindakannya,” papar Hamdan.

Hamdan Fuadi menambahkan, pada masa kampanye juga akan dilakukan melalui akun media sosial calon dan kaum milenial bisa melakukan pengawasan di media sosial. (gpn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel