Ketua DPRD Ungkap Kerap Tak Dilibatkan Dalam Seleksi Dirut PDAM, Ini Kata Kabag Ekonomi

KARAWANG | TERASPASUNDAN.COM | Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Budianto berharap, panitia seleksi calon direksi PDAM Tirta Tarum Karawang nantinya melibatkan pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada saat proses fit and proper test. Tujuannya agar ada kesamaan dalam komitmen memajukan perusahaan air daerah tersebut.

“Sebagai mitra pemerintah, DPRD ini mempunyai tiga fungsi, yaitu budgeting (anggaran), kontroling (pengawasan) dan legislasi. Saya berharap panitia seleksi melibatkan DPRD sebagai fungsi pengawasan, karena yang sudah-sudah tidak pernah melibatkan dewan,” ungkapnya.

Ia juga berharap, direksi yang baru nanti, bisa membawa PDAM Tirta Tarum Karawang lebih baik lagi. Terutama terkait pelayanan dan kualitasnya.

“Karena tentunya, masih banyak hal dalam PDAM Tirta Tarum ini yang perlu menjadi perhatian kita bersama, tapi itu semua pasti dapat diselesaikan dengan sinergitas yang bagus,” kata Budianto.

Ditempat terpisah, Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang, Sari Nurmiasih menuturkan, terkait permintaan dilibatkannya DPRD dalam proses seleksi Direksi PDAM Tirta Tarum Karawang, hal ini pernah disampaikan pihak akademisi bahwasannya bahwa DPRD tidak diperbolehkan terlibat dalam Panitia Seleksi (pansel) hanya melakukan pengawasan saja.

“tim akademisi pernah mengatakan bahwa para anggota dewan tidak diperbolehkan terlibat dalam kepanitiaan. Dan keinginan dilibatkan itu bukan dewan Kabupaten Karawang saja tapi beberapa daerah juga sama, mereka minta supaya untuk ikut dilibatkan tapi undang-undang yang mengatur dan memang berlaku untuk semua anggota dewan, bukan saya yang mengatakan tapi tim dari akademisi saat itu pada saat rapat kerja tentang pengelolaan BUMD,” Kata Sari.

“Adapun DPRD sebagai kontrolling ya, silahkan,” pungkasnya. (Hada)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel