Universitas Singaperbangsa Karawang Membangun Situs Web Untuk Desa Sungaibuntu Secara Gratis

KARAWANG | TERASPASUNDAN.COM | Universitas Singaperbangsa Karawang terus memberikan sumbangsih nyata kepada lingkungan sekitar kampus.

Sumbangsih ini sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Karawang yang menginginkan semua desa di Kabupaten Karawang menjadi Desa Mandiri. Desa Mandiri merupakan desa yang bisa memenuhi kebutuhan sarana dan prasarananya secara mandiri.

Salah satunya adalah Desa Sungaibuntu Kecamatan Pedes, merupakan salah satu desa di Ujung Utara Karawang yang berpotensi menjadi Desa Mandiri dengan potensi wisata pantainya yang elok dan banyak dikunjungi masyarakat.

Namun sayang, potensi ini belum dikembangkan secara terpadu. Pemerintah desa masih terkendala dengan sumber daya yang ada, sehingga masyaraakat Karawang maupun di luar Karawang yang memerlukan informasi wisata pantai, masih belum mendapatkan informasi, termasuk di mesin Google, tidak ada informasi pantai apa saja yang menjadi unggulan di Desa Sungaibuntu. Universitas Singaperbangsa Karawang, memberikan solusi dengan melakukan pemetaan pantai wisata kemudian hasil pemetaannya dibuatkan dalam sebuah aplikasi website.

“Desa Sungaibuntu sekarang sudah punya website. Mahasiswa Unsika melalui program KKN 2022, telah membuatkan sebuah website khusus Desa Sungaibuntu. Mudah-mudahan website ini berguna dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu website ini dirancang khusus untuk memberikan informasi pantai wisata di Desa Sungaibuntu”, kata Nanu Hasanuh, salah seorang dosen pembimbing lapangan KKN 2022.

Hal ini dikemukakan saat acara penyerahan website dari mahasiswa KKN, kepada Sekretaris Desa Sungaibuntu, paa hari Rabu, 19 oktober 2022.

Dalam sambutannya Sekretaris Desa Sungaibuntu, Muhammad Carnakim, mengucapka rasa terimakasihnya kepada para mahasiswa Unsika yang sudah membantu pemerintahan Desa Sungaibuntu membuatkan website.

“Website ini menjadi penting karena mungkin hanya Desa Sungaibuntu yang baru mempunyai website di Karawang’, tambahnya.

Kegembiraan saat penerimaan website pun tersirat pada semua aparatur pemerintahan desa, salah satunya Ketua BPD Desa Sungaibuntu yang mengatakan bahwa, “In Syaa Allah Desa Sungaibuntu ke depannya akan menjadi desa digital. Harapannya memang terlalu berlebihan, tapi kalau tidak dimulai sekarang kapan lagi” kata Aan S berapi-api.

Nanu Hasanuh, dalam sambutannya menekankan agar, “Website ini bisa menjadikan Desa Sungaibuntu menjadi Desa Wisata. Semua orang akan melihat keindahan Pantai Pelangi, Pantai Samudera Baru dan Pantai Jalasena via website. Setelah yakin maka masyarakat akan berbondong-bondong mengunjungi pantai yang ada di Desa Sungaibuntu. Mudah-mudahan kami berkontribusi terhadap program pembangunan desa di Kabupaten Karawang.”pungkasnya. (Rls.)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel