TPS3R Di Desa Kondangjaya Dikelola Oleh Kelompok Swadaya Masyarakat

KARAWANG – TERASPASUNDAN.COM – Desa Kondangjaya, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendapatkan bantuan Tempat Pengelolaan Sampah dengan prinsip Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) yang dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan diketuai Mulyadi (Ketua BPD Desa Kondangjaya).

Kepala Desa Kondangjaya, Anja Sugiana mengatakan TPS3R didesanya dibangun diatas tanah bengkok desa dengan luas 200 M² yang berlokasi disekitar wilayah Perumahan Griya Asri, dan pembangunannya dikerjakan oleh KSM.

“Alhamdulillah, warga menyambut baik program TPS3R ini, khususnya warga Perum Griya Mas Lestari yang menyetujui bahkan mendukung program pemerintah pusat ini. Dan pengerjaannya pun dikerjakan oleh KSM, yang berasal dari lingkungan warga masyarakat kami sendiri,” jelasnya kepada Teraspasundan.com, Jumat (8/7/2022), dikantornya.

Dikatakannya, anggaran pembangunan TPS3R tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp. 600 juta yang keuangannya tidak melalui desa namun langsung ke rekening KSM.

“Kami pemerintah desa hanya mengawasi dan memastikan bahwa pembangunan yang dikerjakan sudah sesuai, terlebih, disana juga ada pendamping yang mengawasi juga,” kata Anja menuturkan.

Terakhir, ia pun mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah beserta dinas terkait yang telah memberikan kepercayaan pada KSM Desa Kondangjaya berupa bantuan sarana gedung TPS3R beserta alat pengolah sampahnya.

” dengan adanya bantuan TPS3R diharapkan bukan saja mengurangi limbah yang disebabkan dari sampah tetapi bagaimana caranya sampah bisa bermanfaat bagi kita, bahkan sampah bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat itu harapan kami. Karena nantinya sampah ini ada limbah ekonomisnya, pengolahan pupuk organik dan pupuk cairnya,” pungkasnya. (Darmawan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

dpdiwoilamsel